Berikut ini tentang SKL Ujian Sekolah TIK SMP 2012 (Kisi-Kisi):
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
UJIAN SEKOLAH TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
TAHUN 2012
| 
NO | 
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | 
KEMAMPUAN YANG DIUJI | 
NO SOAL | 
| 
1 | 
Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya
  di masa mendatang | 
Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan
  komunikasi | 
1 | 
| 
Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan
  komunikasi dari masa lalu sampai sekarang | 
2 | ||
| 
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam
  kehidupan sehari-hari | 
3 | ||
| 
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi
  informasi dan komunikasi | 
4 – 5 | ||
| 
2 | 
Mengenal operasi dasar peralatan komputer | 
Mengaktifkan komputer sesuai prosedur | 
6 | 
| 
Mematikan komputer sesuai prosedur | 
7 | ||
| 
Melakukan operasi dasar pada operating systemdengan
  sistematis | 
8 | ||
| 
3 | 
Mempraktekkan keterampilan dasar komputer | 
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer | 
9 | 
| 
Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi | 
10 | ||
| 
Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi | 
11 | ||
| 
Mempraktikan satu program aplikasi | 
12 | ||
| 
4 | 
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan
  informasi | 
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah
  kata | 
13 -14 | 
| 
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah
  kata | 
15 – 16 | ||
| 
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah
  kata | 
17 – 18 | ||
| 
Membuat dokumen pengolah kata sederhana | 
19 | ||
| 
5 | 
Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan
  informasi | 
Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah
  angka | 
20 – 21 | 
| 
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah
  angka | 
22 – 23 | ||
| 
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah
  angka | 
24 | ||
| 
Membuat dokumen pengolah angka sederhana | 
25 | ||
| 
6 | 
Memahami dasar-dasar internet/intranet dan penerapannya dalam
  kehidupan sehari-hari. | 
Menjelaskan pengertian, sejarah dan istilah-istilah
  internet/intranet | 
26 – 28 | 
| 
Menyebutkan manfaat dan macam-macam sistem jaringan
  internet/intranet | 
29 – 30 | ||
| 
Menentukan ukuran kecepatan akses internet dan penerapannya
  dalam kehidupan sehari-hari | 
31 – 32 | ||
| 
Menyebutkan kegunaan dan macam-macam perangkat keras yang
  digunakan dalam mengakses internet serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari | 
33 – 35 | ||
| 
Menjelaskan berbagai cara
  untuk memperoleh sambungan internet dan penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari | 
36 – 37 | ||
| 
7 | 
Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi dan
  menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. | 
Menyebutkan perangkat lunak untuk mengakses internet dan
  bagian-bagiannya | 
38 – 40 | 
| 
Menjelaskan cara mengakses internet sesuai dengan prosedur dan
  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
41 – 42 | ||
| 
Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
43 – 45 | ||
| 
Menjelaskan manfaat layanan informasi yang ada di Internet dan
  etikanya dalam kehidupan sehari-hari | 
46 – 48 | ||
| 
Menentukan beberapa situs untuk memperoleh informasi yang
  bermanfaat dan pengelolahannya | 
49 – 50 | 
Keterangan
:
Soal
bentuk pilihan ganda dengan rincian :
Kelas VII
    = 12 soal
Kelas
VIII     = 13 soal
Kelas IX
    = 25 soal
Jumlah     = 50 soal
Untuk
kelas VIII materi berbasis office 2007



